SMAN 1 Majalengka
Majalengka Greeny
Kami Peduli Lingkungan
Peduli Dengan Berkarya
About
Posted by Tim Ganesha Hiji - - 0 comments

Menurut para ahli, emisi karbon itu bersumber dari aktivitas/kegiatan setiap individu manusia yang dilakukan setiap harinya, maka usaha usaha pemulihannya pun dapat diusahakan oleh setiap individu. Maka dari itu mari kita lakukan hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengurangi emisi karbon diudara



1.    Ayo tanam pohon
CO2 dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, maka jelas bahwa yang dapat menyerap CO2 dari udara itu ya tanaman. Saat ini sudah jarang sekali kita menemui pohon-pohan yang rindang, lahan-lahan yang tadinya dipenuhi pepohonan di jadikan bangunan-bangunan, penyerap CO2 semakin berkurang sedangkan aktivitas manusia yang menimbulkan CO2 semakin tinggi. Untuk itu ayo kita tanam pohon sebanyak-banyaknya agar CO2 diudara dapat berkurang!



2.    Yo manfaatkan sampah
Jijik kan jika sampah menumpuk dan sukses menyebarkan bau di sekitar lingkungan kita? Biasanya untuk memusnahkan sampah-sampah tersebut manusia melakukan cara jahanam dengan membakar sampah-sampah tersebut, dan efeknya dapat menambah jumlah karbon di udara. Padahal ada cara yang lebih baik yaitu dengan memanfaatkan sampah-sampah tersebut, sampah organik dapat kita manfaatkan untuk membuat biopori, pupuk,dsb sedangkan sampah an-organik dapat kita manfaat untuk membuat kerajinan dan bagi sampah kertas dapat di daur ulang menjadi kertas baru.
Seperti yang dilakukan teman-teman saya di SMAN 1 Majalengka, mereka mebuat hiasan dinding dari bubur kertas yang hasilnya ikut menghiasi dinding-dinding sekolah kami. Inilah hasil karya siswa siswa Smansa (SMAN 1 Majalengka). Bagus kan??^.^

3.    Walk is better :D

Karbon di udara sebagian besar berasal dari polusi yang dikeluarkan kendaraan bermotor, maka dari itu berjalan kaki akan lebih baik ketimbang harus menggunakan kendaraan, selain dapat membantu mengurangi emisi karbon di udara dampak bagi kesehatan pun bagus loh, ya itung-itung olah raga^^ selain itu berjalan kaki akan lebih hemat bukan?
Nah teman-teman jika jarak sekolahmu tidak terlalu jauh dari rumah, kenapa tidak pergi dengan berjalan kaki saja? Meskipun cape tapi setidaknya kita telah melakukan hal yang berguna bagi bumi kita.



4.    Lets bike with bycicle :D
Bepergian dengan mengendarai sepeda jauh lebih baik ketimbang mengendarai kendaraan bermotor. Sudah tau kan alasannya??yap kendaraan bermotor mengeluarkan asap yang mengandung CO2 yang tentu saja dapat membantu meningkatkan tingkat emisi karbon di udara. Naik sepeda lebih cool ko. Let’s bike with bycicle for better live!






5.    Naik kendaraan masal nyo!
Naik kendaraan umum juga lebih baik loh! Contohnya saja, 1 angkot(angkutan kota) dapat menampung sekitar 10 orang penumpang, jika ke 10 orang tersebut membawa kendaraan masing-masing, maka akan lebih banyak polusi yang keluar dari asap kenalpot kendaraan dibandingkan dengan asap knalpot dari 1 angkot saja :)

Leave a Reply